15 Januari 2012

KHASIAT JUS BUAH MARKISA

Markisa ungu
     Buah Markisa (Passion fruit) yang umum ditanam masyarakat di Indonesia ada 2 jenis, yaitu Markisa kuning (rasa sangat asam) dan Markisa ungu (rasa asam sedang). Buah Markisa biasanya dikonsumsi sebagai minuman, baik diolah menjadi sirup Markisa maupun dibuat jus (diblender/diekstrak).
     Ternyata kandungan gizi buah Markisa sangat baik untuk kesehatan, terutama sebagai antioksidan/antikanker, penenang syaraf, antiinfeksi, penurun kadar kolesterol; hal ini disebabkan kandungan senyawa beta karoten, vit. C, vit. A, sterol, kalium dan serat yang tinggi.
    
Untuk membuat jus buah Markisa cukup mudah (karena di rumah tersedia buah Markisa dari tanaman sendiri) = buah yang sudah tua (masak pohon) ditandai warna buah sudah kuning atau kuning keunguan, dicuci bersih. Buah dibelah menjadi dua, ambil bagian buah di tengah (beserta biji), lumat dengan sendok, campur dengan air masak secukupnya, saring (sambil ditekan-tekan dengan sendok). cairan hasil saringan ditambah gula pasir secukupnya, aduk rata, masukkan dalam botol dan simpan di dalam kulkas. Setelah ditambah air secukupnya, jus bisa diminum setiap saat. Dapat juga diblender (beserta bijinya), baru disaring dan ditambah gula, akan semakin menyehatkan.
      Jus buah Markisa, selain menyegarkan juga menyehatkan dan menambah stamina tubuh karena kandungan gula sederhananya cukup tinggi. Silahkan dicoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTANYAAN/KURANG JELAS
TULIS DALAM KOMENTAR